22.11.12

tim bawal


masih dalam rangka memanjakan kemalasan, masakan ini tergolong sederhana. tak aneh-aneh mengolahnya. iris-iris cemplung dan selesai. eits, jangan meremehkan yang sederhana. buktinya anak saya suka kok. hehehe...

masakan yang minim bumbu seperti masakan ini tentu saja ada syaratnya. sebagai tim ikan bawal, maka ia harus ikan bawal yang segar. kalau ikannya sudah segar, hanya dilumuri garam saja, pasti tetap terasa lezat. itu sudah hukumnya seafood (gaya!).



mengetim ikan bawal tak perlu repot-repot. setelah ikan dibersihkan, sayat bagian badannya, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. untuk dua ekor ikan bawal, bumbu-bumbu yang harus disiapkan adalah:
- 3 buah cabe merah diiris tipis
- 4 siung bawang putih dikeprek lalu diiris
- 3 siung bawang merah diiris
- jahe dimemarkan
- daun kemangi
- kalau suka pedas, silakan ditambah dengan irisan cabe rawit


susun bumbu dan ikan sedemikian rupa sehingga merata di mangkuk tahan panas (pyrex). usahakan bumbu tersebar di atas dan di bawah. kalau suka asin, boleh sekali lagi ditaburi garam. tapi jangan banyak-banyak ya. selanjutnya, kukus selama kurang lebih 30 menit.


selamat menikmati tim bawal sederhana ini dengan nasi hangat. dijamin mantap!

2 comments:

  1. sayangnya bawal banyak duri ya, jadi harus ekstra hati2 makannya, hehe

    ReplyDelete
  2. cmiiw, kalau ikan bawal laut (putih) yang saya kenal justru durinya cuma di tengah doang tuh (coba dicek di supermarket terdekat deh mbak). saya tahunya ikan bandeng yang isinya duri melulu:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...