27.12.12

cupcake pertama saya


taraaaa... akhirnya saya bikin cupcake beneran. pakai resep cupcake beneran, bukan jadi-jadian seperti cake pisang dalam cup yang kemaren itu. kesan pertama pada cupcake beneran ini adalah bikin gemes. alasannya sederhana: karena cup-nya lucu-lucu dan frostingnya berpenampilan menggoda.

nah kalau soal rasa, yang kali ini saya bikin kayaknya cocok banget untuk penggemar keju karena benar-benar penuh dengan keju luar dalam. kalau saja rumah saya tak jauh dari apartemen inggried, pastilah dia orang pertama yang akan saya kirimi cupcake ini.

oiya, bikin cupcake ini menurut saya nggak terlalu susah, dan nggak serusuh saat saya bikin cookies alfabet. pokoknya siapkan bahan, aduk ini itu, mixer ini itu. cuma nyari bahannya memang agak ribet dan harus benar-benar berniat mencarinya. bukan sekadar kue berbahan nemu di kulkas.

untunglah berkat toko berkat di pasar mester jatinegara serta toko mira di margonda depok, akhirnya semuanya lengkap. eh kecuali, keju parmesannya, karena saya merasa bahan-bahannya sudah cukup ngeju, kalau ketambahan keju parmesan lagi apa nggak mblengerin ya?


resep cupcake ini saya pinjam dari detikfood.

bahan: 

cake:
110 g mentega
1 sdt kulit jeruk lemon parut
100 g gula pasir
2 butir telur ayam
150 ml susu cair
100 g keju cheddar, potong kecil

ayak jadi satu:
200 g tepung terigu
1 sdt baking powder
½ sdt garam

olesan:
200 g cream cheese
100 g mentega

taburan:
100 g keju cheddar parut
2 sdm keju parmesan bubuk


cara membuat:

cake
- kocok mentega, kulit jeruk lemon, dan gula hingga lembut.
- masukkan telur satu per satu sambil kocok hingga rata.
- tambahkan susu berselingan dengan campuran terigu sambill aduk rata.
- masukkan potongan keju, aduk rata.
- tuang adonan ke dalam mangkuk kertas.
- panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit hingga matang.
- angkat dan dinginkan.

 olesan
- kocok cream cheese dan mentega hingga lembut.
- olesi permukaan cake dengan bahan Olesan.
- taburi dengan keju cheddar dan parmesan.
- sajikan segera.


nah, ini dia cupcake matang sebelum diotak-atik sama frosting. aneh juga ya, saya kan mengisi adonannya 3/4 bagian cup, hasilnya cukup mengembang, tapi ada yang mengembang tinggi banget, dan ada yang mengembangnya tak terlalu tinggi, dan nyaris tumpah. mengapa demikian? saya juga nggak tahu jawabannya.

mungkin (mungkin lho ya) karena cupcake yang saya panggang di sisi bawah oven itu sempat terinterupsi perkembangannya saat membuka oven untuk memasukkan cupcake di sisi atas. jadinya, mengembangnya tak seekstrim yang di sisi atas. atau.... ada yang punya analisis lain?


selanjutnya saat membuat frosting alias olesan yang rasanya oh sungguh benar-benar keju sekali. padahal saya tidak menambahkan keju parmesan. tapi baru dikasih frosting cream cheese saja sudah mumbul gendut nggemesin begitu :)

anak saya yang selalu antusias setiap melihat oven dapur bekerja sudah tak sabar. akhirnya, sebelum sempat mengoles, satu cupcake disantapnya begitu saja. saya pun ikut mencuilnya, eh enak lho! beneran deh ini nggak usah pakai frosting juga nggak apa-apa.


setelah membongkar-bongkar rak dapur (saya juga menyambi pemulung yang suka ngumpulin kotak bekas roti), akhirnya ketemu juga dus yang muat untuk mengirim cupcake pertama saya buat ibu dan adik saya. selain buat anak dan bojo, cupcake ini juga dinikmati tetangga dan satpam komplek rumah saya.

lha saya? sebagai tukang masaknya, saya sih sudah kenyang duluan meski nggak makan. hehehe...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...