27.1.13

nasi goreng kincung

kincung. pernah denger enggak? penampakannya kayak foto di bawah ini. kalo di medan, biasa menyebutnya "kincung". kalo lebih umumnya sih biasanya dikenal dengan "combrang" :)


ceritanya, saat pulang ke medan untuk menjenguk eyang yang lagi sakit, pertengahan januari kemaren, saya menyempatkan diri belanja ke pasar dan membeli bumbu, sayur, dan perencah yang jarang ditemukan di jakarta. salah satunya kincung ini. saya selalu suka dengan aromanya. kalo di medan, kincung biasanya dimasak dengan daun singkong, nama masakannya "daun ubi tumbuk". atau, suka jadi campuran juga di masakan "arsik".

kali ini, saya mengadopsi masakan Malaysia, yang biasanya mencampur kincung di nasi goreng. saya pernah merasakannya saat mengunjungi saudara di Kuala Lumpur. Bude di sana memasak nasi goreng dengan perencah kincung (saya lupa, di sana mereka menyebutnya apa) dan kacang panjang. kalau ala saya bagaimana? ini diaaa...


bahan-bahannya:
nasi putih secukupnya (saya sih kira-kira untuk 5 orang)
2 buah kincung, dibelah dua, iris
8 buah cabe merah, iris
5 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
teri nasi, secukupnya (untuk perencah)
kapri secukupnya (untuk perencah) 
garam secukupnya

bahan-bahan
ini kincung yang sudah diiris

caranya:
1. tumis teri nasi. setelah setengah kering, masukkan bawang merah. selanjutnya, cabe dan bawang putih. setelah semua bumbu layu, masukkan kapri dan kincung. tunggu sampai agak layu.




2. setelah layu, masukkan nasi, aduk-aduk sampai tercampur rata. tambahkan garam.




3. selesai deh. gampang kan? :)




selamat mencoba!

by: dapur inggit

3 comments:

  1. wah, saya suka banget combrang, kalo ke rumah mbah pasti dibawain

    ini nasgor ditambah pete makin asik kayaknya :D

    ReplyDelete
  2. waa..iya, ditambah pete wanginya pasti makin maknyus mbak :D

    ReplyDelete
  3. begitu selesai baca resep, aku langsung telan ludah... hahahaha... kebayang wanginya si kecombrang ini... sedep banget dah. Nanti klo nemu kecombrang mau bikin ah. Makasih resepnya ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...