23.3.13

dimsum ceker

saya termasuk yang jarang mengolah ceker di dapur. biasanya, jadi campuran sop. tapi ternyata, orang rumah kurang suka. jadi aja, selalu melewatkan menu ceker-cekeran. tapi, kalo makan di mana gitu, ada dimsum ceker, doyan banget. kebetulan salah satu member di Dapurmasak, Bu Tatty, share resep dan olahan dimsum ceker ini. *terima kasih bu :)*

tergoda juga untuk mencoba. enak, pake banget. wak arie, suami saya, yang biasanya ga doyan ceker, lap lep menyantapnya :) seneng!

maap ya, fotonya gelap, hehe...

ada banyak macem resep dimsum ceker. tapi setelah saya bandingkan dengan hasil googlingan, yang ini paling simpel ternyata :) dan, yang jelas, memasak dimsum ceker ini melatih kesabaran. karena harus merendamnya berjam-jam untuk hasil maksimal, hehe


bahan:
12 buah ceker ayam
kecap manis, secukupnya
minyak goreng, secukupnya

siapkan bumbu:
5 siung bawang putih, cincang
1 buah bawang bombay, iris
lada hitam halus, secukupnya
saus tiram, secukupnya
minyak wijen, secukupnya
kecap manis, secukupnya
garam, secukupnya

cara:

1. cuci bersih ceker, lumuri dengan kecap manis. diamkan 5-10 menit


2. goreng ceker hingga setengah matang, tiriskan.



3. siapkan air dingin yang diisi dengan es batu. masukkan ceker yang sudah digoreng, rendam 2-3 jam. kalo ga sabar, bisa lebih cepet, hehe


4. tumis semua bumbu, tambahkan kecap manis, minyak wijen, saus tiram. tambahkan garam, aduk rata. masukkan ceker, tunggu hingga meresap


jadi deh :) dan, komentar suami saya, "baru kali ini aku merasakan ceker seenak ini". *melayang* hehehe...

selamat mencoba ya!

by: dapur inggit

2 comments:

  1. huuuaaa pengeeen...
    sayang lg mudik nih blm bisa turun ke dapur duluuu...

    ReplyDelete
  2. huaaaa... pengennnn jugaaa... aku penggemar ceker..
    makasih mbak resepnya.. kapan2 akan kucobaa ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...