31.3.13

kue (lapis) ubi jalar

sejak bergabung di DapurMasak, jejaring sosial khusus para pehobi masak, referensi resep jadi beragam :) setiap resep dan cerita dapur masing2, unik. ada yang kaya dengan koleksi resep kue-kuean, masakan tradisional, dll. menyenangkan! nah, resep KUE (LAPIS) UBI JALAR ini, salah satu koleksi resep member DapurMasak yang saya recook. recommended! hasilnya enak dan yummy :)


pengakuan dl ni, tp hasil yang saya buat ga keliatan lapisnya, krn ga pake pewarna. usaha membuat warna berbeda gagal, hahaha. tapi ga mengurangi kelezatan hasilnya kok :D

bahan:
75 gram tepung beras
75 gram tepung terigu
100 gram gula pasir (manis bs sesuai selera)
1sdt garam
5sdm minyak goreng
200 gram ubi jalar, kukus, haluskan
200ml susu cair

cara:
1. campur tepung beras, tepung terigu, susu, gula pasir, garam, minyak goreng. aduk rata.


2. campur adonan dengan ubi jalar kukus yang telah dihaluskan. bagi dua adonan, beri warna berbeda. (nah, karena ga pake pewarna dan pakenya ubi jalar kuning, saya mencoba membuat warna dengan cara: salah satu adonan dikasih ubi jalar dengan bagian yang lebih banyak. tapi ternyata, ga ngaruh, hahahaha. warnanya tetap sama :D). Next pengen coba pake ubi jalar putih dan ubi jalar kuning, untuk ngasih warna lapisan yang berbeda :)


3. siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng. saya pakai cetakan-cetakan kecil. tuang adonan 1, kukus selama 5 menit. setelah adonan keras, tuang adonan 2, kukus lagi hingga agak mengeras. lakukan terus sampai kedua adonan habis. setelah adonan habis, kukus selama 15-20 menit.


4. jadi deh :) selamat mencoba ya! cocok untuk cemilan sore, hehehe


by: dapur inggit

1 comment:

  1. mirip kue ranjang ya bun..jadi pengen mencoba membuat.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...