12.3.13

ongol-ongol sagu

lihat ongol-ongol ini, pasti banyak yang bernostalgia dengan penanganan masa lalu. memang udah jarang dijumpain sih ya. saya aja setelah sekian lama menyantapnya hasil olahan ibu, baru kali ini bikin sendiri :D kalo biasanya pake tepung hunkwe, kali ini saya bikin pake tepung sagu. ada bedanya kah?


yuk disimak! oya, resepnya juga hasil recook dari salah satu member di DapurMasak :) memang seru berbagi itu, hehe

bahan:
100 gram tepung sagu atau hunkwe
2 buah (dua buletan) gula jawa
400ml air
Kelapa parut, secukupnya
garam secukupnya

cara:
1. rebus air dan gula jawa hingga gula jawa cair. tambahkan garam secukupnya



2. masukkan tepung sagu, aduk hingga mengental


3. setelah mengental, tempatkan pada wadah, dinginkan.


4. potong-potong sesuai selera, atau bentuk bulat-bulat, gulirkan pada kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam :)


selamat mencoba! oya, dari sisi rasa sih, ga terlalu beda dengan tepung hunkwe. tapi menurut saya, tepung sagu adonannya lebih pekat dan lebih "berat" :)

by: dapuringgit

1 comment:

  1. saya pernah juga bikin yang dari sagu...bener2 kenyal kayak lem...tapi entah kenapa saya lebih suka yang dari tepung sagu daripada yang berbahan hunkwe..^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...