29.5.13

bakmie kacang disko


waaaaaaa... mau histeris dulu ah, saking lamanya nggak posting. saya sibuk, super duper sibuk. ahahaha.. sok artis deh ya, padahal cuma emak-emak dengan dua anak yang lincah luar biasa. baiklah, yang penting sekarang saya sudah muncul lagi, siap eksis lagi :)

oiya, sebenarnya ada banyak cerita masak-masak yang pengen saya unggah, tapi sayangnya saya kehilangan file fotonya. jadi kali ini saya akan menuliskan catatan dapur yang terbaru saja. seperti yang sudah kelihatan, saya masak bakmie goreng. masaknya nggak ribet-ribet, tapi tetap lezat sehat mantap lah ya.

25.5.13

homemade coffee klapertaart

sebelumnya, saya belum pernah sekali pun nyicip namanya klapertaart. entah kenapa, ga berminat dan ga tertarik. tapi, pas salah satu member DapurMasak, mbak emma, berbagi resep klapertaart, saya kok penasaran pengen nyoba. eksperimen pertama dicoba di jogja, bulan maret lalu *udah lama* :D yaaa berhubung di jakarta ga punya oven yaaaa *kesian

menurut para tester, enak :D so, thanks to mbak emma atas resepnya, hehe...padahal saya menskip satu bahan: tepung custard. karena pas ga ada aja. dan bikinnya simpel loo...nunggu manggangnya aja yang lama, karena cuma bisa manggang dengan satu loyang, hehe..saya menambahkan bubuk kopi, dan wangiiii...karena ga suka bau kayu manis sih :)


oya, berhubung saya belum pernah nyicip yang namanya klapertaart, saya masih penasaran. ada yang klapertaart teksturnya solid alias padat kayak cake gitu ya? ada yang bisa share? kalo yang ini sih, makannya pake sendok yaa...penasaran yang bisa dipotong2... tapi, yang ini recommended buat dicoba!

tempe bacem cemplang cemplung *super kilat*

sedikit cerita ya, awal menginjakkan kaki di jogja, sekitar 16 tahun lalu, saya bener-bener ga doyan dengan makanannya yang cenderung manis. maklum, sebelumnya lekat dengan makanan sumatera yang kecenderungan rasanya asin dan pedas (walau saya bukan penyuka pedas). butuh waktu juga untuk beradaptasi dengan rasa. salah satunya dengan aneka makanan jenis baceman ini. entah tahu, tempe atau ayam. awal nyicip, menurut saya, "ini makanan kok rasanya gula thok". hahaha....


setelah orangtua menetap di jogja, kalau mudik, saya selalu bawa tempe-tahu-ayam bacem yang siap goreng. biasanya, buat tabungan lauk. suatu kali, pengen bikin sendiri. akhirnya, telepon si mama. tanya bumbu-bumbunya. olala, banyak ya jenisnya. saya sampe ga inget, si mama bilang apa aja bumbunya. sampe beliau komen, "lah, bumbu dapur yang kamu simpen apa aja? kok banyak yang ga ada?" hahahaha...

jujur aja, saya emang ga nyimpen lengkuas, jahe, atau apa lah bumbu dapur yang njelimet itu. maklum, saya pemula yang ga mahir meracik bumbu-bumbu itu. jadi yang ada di dapur ya standar aja: cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat. daun salam dan sereh, kalau ada, suka kebetulan aja.

akhirnya, kata mama, "banyakin ketumbar halus aja lah. udah enak itu". hihihi. dan, saya pun mengolahnya dengan bumbu-bumbu seadanya yang diiris, dan cemplang cemplung jadi. hasilnya? jangan ditanya, enaaakkk :p

oya, olahan bacem saya ini beda dengan versi piqa. inilah enaknya punya cerita dari dua dapur, jadi resepnya beragam. versi pida bisa diintip di: BACEM SI HITAM MANIS

24.5.13

mie schotel *aga 1st bday*

ini salah satu isi goodie bag dalam syukuran ulang tahun pertama aga. simpel aja bu ibu. awalnya mau bikin macaroni schotel. tapi kok ya, karena waktunya terbatas, ngerebus macaroni lebih lama dibanding mie telur. akhirnya pilihan jatuh ke mie :D

ini kemasan mie schotel dalam goodie bag si aga :)

bikinnya sih sama aja kayak bikin macaroni schotel (resep dan caranya bisa dilihat di sini: macaroni "MITUN" schotel...not bad!, macaroni schotel edisi 2, macaroni schotel edisi 3)

tapi, kalo mau bikin dengan cara yang lebih simpel, saya share pas bikin mie schotel buat di rumah yaa...simpel banget kok :D

healthy goodie bag *aga 1st bday*

merancang sendiri segala sesuatu untuk ulang tahun pertama aga, jadi mimpi saya sejak lama. ketika hari itu tiba, 28 maret 2013, alhamdulillah jadi nyata. hehe. karena di jakarta tinggalnya di apartemen yang seluas lapangan bola (alhamdulillah :)), akhirnya memilih untuk merayakan syukuran ultah pertama aga di rumah eyangnya di jogja. kenapa? karena di sana banyak anak-anak, jadi bakal lebih seru aja kayaknya, hahaha...

dan, untuk keperluan pesta ini, saya menyiapkan dan memasak sendiri: kue ulang tahun, dan isi goodie bagnya. kecuali nasi kuning dkk untuk isian bento, dibantu tetangga, ga keburu kalo semua dibikin sendiri :D


yang jelas, isinya ga ada makanan instan. bukan sok sehat, tapi apa salahnya ya, kalo memang pas ada waktu dan ada tenaga, ya bikin sendiri aja. itung-itung nambah koleksi resep dapurduaistri, hehe...

menu lagi kreatif: bola-bola nasi pelangi cs *edisi bocah*

sejauh ini, saya bersyukur, aga (13m) termasuk yang gampang makan. kecuali lagi kurang sehat dan agak2 menje alias manja :) so far, disodorin apa aja mangap. semoga gitu terus. agak-agak ngulah dikit, wajar kali ya, namanya juga bocah :D

hari libur adalah hari di mana ibunya si aga ini bisa mikir agak leluasa dan ga keburu-buru ngantor. jadi bisa agak kreatif dikit lah *dikit doang* :p salah satunya menu ini: bola-bola nasi. sudah bercampur sayur, jadi satu paket sajah sudah padat giziii
bola-bola nasi ini saya pasangkan dengan sup makaroni tomat dan tempe goreng butter.. semua resepnya ngumpul di postingan ini. silakan bu ibu kalo mau bikin menu buat si bocahhh...


16.5.13

vege noodle chickballs soup

Ini olahan sup dengan isian bakso ayam mie :) seger bangettt...yang penting sih, aga makannya lahap :D *indikator menu emaknya disukain, hehe*


oya, untuk resep baksonya bisa diliat di postingan ini ya: NOODLE CHICKEN BALLS :)

15.5.13

singkong bangkok

resep ini aslinya punya mbak hes @masukdapur, yang dishare di Dapurmasak dan saya recook. izin di share di @dapurduaistri ya mbak hesss...hehehe...bikinnya simpel dan rasanya juara, patut dicoba!


oya, gambaran rasanya, manis gurih, enak deh! cobainnnnn....

Puding Santan Ubi Ungu

Warnanya cantik yaaa..Saya baru sadar kalo si ubi ungu ini menarik banget dibuat berbagai olahan. Pas aga mulai MPASI, pernah beli ubi ungu yang ukurannya segede gaban *lebai :p* Tapi emang gede banget..Waktu itu, karena baru sebulanan MPASI, saya cuma bikin pure dicampur ASI. Abis itu sisa banyak banget yang belum diolah, sampe akhirnya menjadi ga layak olah dengan sendirinya alias busuk..

Nah, ini saya coba bikin puding ubi ungu dengan campuran santan. Salah satu olahan yang saya bikin untuk memeriahkan #MasakBareng #EdisiUbiJalar -nya Dapur Masak :) Bikinnya gampang kok, beneran...
 

10.5.13

noodle chicken balls *edisi bocah*

eksperimen dapur ibunya aga menghasilkan resep yang satu ini. cihuy loo, eksperimen sehat dan mengenyangkan, hehe. bukan nyoba-nyoba ngasih ke si kecil. tapi, buat saya yang bekerja, nyambi nyiapin lauk buat si aga pagi-pagi, chicken balls alias bakso ayam ini salah satu alternatif yang oke banget. bikinnya gampang dan cepet, tapi padat gizi (ada sayurannya juga loo) *penting ini* :)


kenapa saya mencampur mie? mmm, iseng aja sih, biar bentuknya bagus, ada keriting2nya gitu, hihihi... *ga boleh protes!* yang penting mengenyangkan dan padat gizi itu tadi...dah ah, jadi muter-muter...mari kita eksekusi!

8.5.13

secoret saja *ini bukan resep*

sebelum membaca postingan ini lebih jauh, tolong diinget, ini bukan resep, jadi ga bisa dicontek ya :D aslinya sih, lagi agak nganggur *sok sibuk*. liat folder dapurduaistri, duh banyak resep dan olahan yang belum dishare. tapi bingung mau ngunggah yang mana dulu. akhirnya, ya sudah lah, bikin postingan "secoret" ini aja. BUKAN ES CORET ya ... *garing

lagi kangen piqaaa

jadi gini, saya (inggit, bukan piqa. saya ga mau ajak2 piqa dgn suasana hati saya skrg ini, laaah panjang) kangen bercerita panjang di cerita masakan yang diposting di sini. ga cuma resep, karena saya dan piqa (kali ini ngajak2), percaya selalu ada cerita di balik setiap masakan. tapi yaa...sekarang2 ini susah mau bercerita panjang atau menyiapkan cerita di balik masakan, karena waktu yang sangat sempit *lagi2 saya sok sibuk*. tapi beneran, akhirnya ya cuma posting resep, sedikit bla bla, diunggah. berharapnya ya, tetap bisa bermanfaat untuk yang berkunjung di sini. makasih yaaa...

4.5.13

cenil ubi warna-warni

hihi...denger kata "cenil", pasti banyak yang teringat dengan masa kecilnya. begitu juga saya. entah ya, udah jarang banget nemu makanan ini. apa saya yang ga nyari ya, hehe...yang jelas, saya langsung kepikiran mau bikin cenil yang aslinya cuma dibuat dari pati ketela pohon, dengan campuran ubi. oya, masakan ini saya bikin untuk ngeramein #MasakBareng #EdisiUbiJalar di DapurMasak :)


oya, penyajian cenil, selain dengan kuah gula jawa, bisa juga cuma ditaburi dengan gula pasir. bentuknya pun sesuai selera aja, mau bulat, panjang, atau kotak. saya sih bikin bulet aja gampang, dan dibikin warna-warni dengan ubi ungu dan ubi putih :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...