29.5.13

bakmie kacang disko


waaaaaaa... mau histeris dulu ah, saking lamanya nggak posting. saya sibuk, super duper sibuk. ahahaha.. sok artis deh ya, padahal cuma emak-emak dengan dua anak yang lincah luar biasa. baiklah, yang penting sekarang saya sudah muncul lagi, siap eksis lagi :)

oiya, sebenarnya ada banyak cerita masak-masak yang pengen saya unggah, tapi sayangnya saya kehilangan file fotonya. jadi kali ini saya akan menuliskan catatan dapur yang terbaru saja. seperti yang sudah kelihatan, saya masak bakmie goreng. masaknya nggak ribet-ribet, tapi tetap lezat sehat mantap lah ya.

sebenarnya ini adalah bakmie jawa bertopping seafood yang lahir dari keterbatasan bumbu. harusnya saya pakai kemiri, tapi diubek ke seisi dapur dan kulkas, si kemiri tak nongol-nongol padahal bahan-bahan yang lain sudah siap sedia. maka saya mengakalinya dengan kacang yang saya temukan di sudut dapur. 

kacang oleh-oleh dari saudara saya itu bukan kacang goreng biasa, melainkan kacang disko (begitu nama yang tertera di bungkusnya). wujudnya sih mirip kacang atom, alias kacang berselimut tepung. saya juga tidak tahu kenapa namanya jadi begitu. saya bukan penggemar cemilan kacang sih



lebih lanjut, inilah bahan-bahan dan bumbunya:
- satu bungkus mie telur, rebus lalu tiriskan, beri 2 sdm minyak sayur dan aduk-aduk
- 2 butir telur ayam
- sayuran sesuai selera (saya pakai sawi hijau dan kol)
- seafood sesuai selera (saya pakai udang dan cumi, tapi bisa diganti dengan ayam atau daging kalau alergi)
- setengah gelas air kaldu (saya pakai rebusan tulang sapi)


bumbu halus:
- 4 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- lada bubuk 1 sachet kecil
- 4 butir kemiri (bisa diganti kacang 2 sdm, kacang apa saja, kayak saya pakai kacang disko tadi)
- garam secukupnya 
 
siapkan juga setengah siung bawang bombay dan daun bawang (iris tipis),  kecap, saos tiram, dan ulekan cabe rawit jika suka pedas. pelengkap bersantapnya,


saya yakin pembaca pasti sudah mahir masak bakmie goreng, jadi saya tidak perlu repot-repot berpanjang lebar menjelaskan serinci-rincinya resep bakmie. mungkin ada perbedaan cara masaknya karena saya bikin bakmie goreng agak basah alias nyemek yang dihasilkan dari kuah kaldu.

mula-mula tumis irisan bawang bombay dan daun bawang, dan bumbu halusnya. tunggu sampai harumnya menguar tapi jangan sampai gosong, tambahkan sedikit air kaldu, lalu masukkan udang dan cumi. tunggu sampai berubah warna, lalu masukkan telur dan aduk-aduk.

selanjutnya masukkan irisan sayuran, diikuti dengan mie. tuang air kaldu yang masih tersisa. tambahkan kecap, saos tiram, cabe rawit yang sudah dihaluskan. aduk-aduk lagi sampai merata. nah, sudah tercium aroma sedapnya kan? matikan kompor. mari kita bersantap! :)

2 comments:

  1. mau dooonk fik, buatin gitu. kalo enggak kali ini bawa ke kantor. bukan buncit lagi ya, palmerah :p

    ReplyDelete
  2. waaa... sumpe mba... sangat sangat menggiurkan sekaleee... *nyodorin piring...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...