4.5.13

cenil ubi warna-warni

hihi...denger kata "cenil", pasti banyak yang teringat dengan masa kecilnya. begitu juga saya. entah ya, udah jarang banget nemu makanan ini. apa saya yang ga nyari ya, hehe...yang jelas, saya langsung kepikiran mau bikin cenil yang aslinya cuma dibuat dari pati ketela pohon, dengan campuran ubi. oya, masakan ini saya bikin untuk ngeramein #MasakBareng #EdisiUbiJalar di DapurMasak :)


oya, penyajian cenil, selain dengan kuah gula jawa, bisa juga cuma ditaburi dengan gula pasir. bentuknya pun sesuai selera aja, mau bulat, panjang, atau kotak. saya sih bikin bulet aja gampang, dan dibikin warna-warni dengan ubi ungu dan ubi putih :)

bahan:
ubi jalar ungu
100 gram
ubi jalar putih
100 gram
tepung tapioka
10 sendok makan
Garam
secukupnya
air putih hangat
50 ml
kelapa paru t
150 gram
Gula Merah 2 buah (untuk k
uah)
Air 350ml, untuk melarutkan gula merah

cara:
1. haluskan ubi ungu dan putih yang telah dikukus


2. masing-masing adonan ubi campur dengan 5 sendok makan tepung tapioka, 25-30ml air, dan tambahkan sedikit garam. aduk rata hingga kalis dan mudah dibentuk. jika belum kalis, bs tambahkan sedikit tepung.


3. ini adonan yang sudah dicampur dengan tepung, air, dan garam.




4. bentuk bola-bola atau bs juga memanjang, sesuai selera


5. rebus bola-bola ubi hingga mengapung


6. gulingkan pada kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam


kuah gula:
masak dua buah gula merah dengan 350ml air. biarkan hingga gula larut, saring, sisihkan.

7. siap disantap :) selamat mencoba!


by: dapur inggit

4 comments:

  1. huaaaa asyiknya cenil dr ubi..sayang nih eventnya udahan ya mbak yu, jadi gak bisa ikutan...:(

    ReplyDelete
  2. masih mbak ayuuu, sampe 17 mei loo :D

    ReplyDelete
  3. enak nih, cemilan waktu kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...sama ya mbak :) makasih udah mampiiirr

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...