15.5.13

Puding Santan Ubi Ungu

Warnanya cantik yaaa..Saya baru sadar kalo si ubi ungu ini menarik banget dibuat berbagai olahan. Pas aga mulai MPASI, pernah beli ubi ungu yang ukurannya segede gaban *lebai :p* Tapi emang gede banget..Waktu itu, karena baru sebulanan MPASI, saya cuma bikin pure dicampur ASI. Abis itu sisa banyak banget yang belum diolah, sampe akhirnya menjadi ga layak olah dengan sendirinya alias busuk..

Nah, ini saya coba bikin puding ubi ungu dengan campuran santan. Salah satu olahan yang saya bikin untuk memeriahkan #MasakBareng #EdisiUbiJalar -nya Dapur Masak :) Bikinnya gampang kok, beneran...
 


BAHAN:
  • Ubi Jalar, ungu, 100 gram
  • Santan, 750 ml
  • Gula Pasir, 6 sendok makan
  • Garam, secukupnya
  • Agar-agar putih, 1 bungkus

CARA:

1. Kukus ubi ungu hingga matang. haluskan


2. Awalnya, saya hanya menghaluskan dengan food processor, tanpa dikasih cairan atau air


3. Ini bahan-bahannya yaa, dengan ubi ungu yang sudah dihaluskan...


4. Saya coba mencampurnya dengan santan, tapi ternyata ubi ungu yang sudah dihaluskan itu masih ada tekstur kasarnya. Akhirnya, saya blender lagi dengan 100ml santan, hingga tercampur rata


5. Campurkan ubi ungu dan santan yang telah diblender dengan sisa santan. masukkan agar-agar, gula putih, dan garam. Aduk rata, nyalakan api. masak hingga mendidih. Oya, agar-agar sebaiknya dimasukkan sebelum dimasak, agar tidak ada gumpalan agar-agar...


6. Setelah mendidih, matikan api, dan tempatkan di wadah-wadah yang telah disiapkan. Tunggu sampai mengeras.

7. Jadi deeehhh...jujur aja ni, paduan ubi ungu dan santannya enaak banget :)


Tambahan info ni, ubi ungu juga bagus banget buat baby atau anak-anak lo, bapak ibunya juga :)

Senyawa antosianin pada ubi ungu  yaitu pigmen yang berfungsi  antioksida, antikanker, antibakteria, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar ungu juga mampu bertindak sebagai anti kanker karena terdapat zat aktif didalamnya yang dinamakan selenium dan iodin serta dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi lain. Ubi jalar ungu juga memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas “blueberry”. (sumber info dari sini)

Vitamin yang terkandung dalam ubi ungu antara lain: •    Vitamin A          
•    Vitamin C
•    Vitamin B1
•    Riboflavin
•    Zat besi (Fe)
•    Fosfor (P)
•    Kalsium (Ca)
•    Protein
•    Lemak
•    Serat kasar

Mantep yaaa...yuk, dicoba!


by: dapur inggit

4 comments:

  1. favoritku banget nie mba...

    Dicampur susu juga maknyus lho...

    Mangkuk'y lutu-lutu deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mbak? belum pernah coba kl dicampur susu. kapan2 nyoba deh :)

      Delete
  2. Sekilas terlihat seperti bolu kukus, izin nyoba resepnya ya tante .. mampir juga ke blog ini http://ayokitamasak.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. salam kenal bunda inggried...
    ijin copas resepnya y....mw coba bikin puding ubi ungu nya nie
    (maklum lagi belajar memasak....hehehehe) =)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...