25.6.13

cilok! cilok! cilok!



saat membaca posting julia tentang cilok (singkatan dari aci dicolok), wah saya langsung mupeng berat pengen bikin sendiri. dari saya masih sekolah dasar, sampai saya kuliah, bahkan sampai sekarang pun saya masih menjadi penggemar cilok lho. kalau nemu cilok yang terkenal lezat, langsung deh saya bernafsu memburu.

waktu saya kuliah di Malang, saya sering membeli cilok dekat Fakultas Peternakan UB. sayangnya saat kuliah lagi di UI, saya tak menemukan cilok yang enak dan meyakinkan di kawasan Salemba. sedangkan di UI Depok ada beberapa yang saya temukan, tapi kurang nendang rasanya. nah, baru beberapa minggu lalu, akhirnya sensasi jajan cilok yang mantap jaya tersalurkan.

24.6.13

cook free day: pastel keju



cemilan kegemaran bocah sulung saya klasik sekali: pastel. kalau sedang belanja pagi di komplek sebelah, inilah oleh-oleh buat dia (juga buat bapaknya). saya berkompromi dengan jajanan ini karena relatif memenuhi kebutuhan gizi: ada karbonya, ada proteinnya, ada sayurnya juga. tapi sebagaimana umumnya anak kecil, pasti yang ludes duluan adalah bagian kulitnya.

sayangnya, dalam kondisi hectic pascamelahirkan, saya agak kurang berminat untuk masak yang terlalu heboh. pada hemat saya saat ini, pastel adalah salah satu cemilan yang agak rumit membuatnya. tapi masa sih cemilannya beli terus?

16.6.13

yang hangat untuk kemarau basah


yak, lagi-lagi kita bersua musim yang ganjil. kemarau identik dengan terik. akan tetapi pada pekan-pekan ini, awan kumulus ikut datang juga. kemarau basah, demikian kata para pakar cuaca. bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar rumah, musim yang demikian tak terlalu menyenangkan.

tapi bagi saya, kedatangan awan pembawa massa uap air itu ada enaknya. setidaknya, itu membuat saya jadi sering memamah biak. hujan bukan hanya membawa orang jadi romantis, terkenang-kenang masa lalu, tapi juga membawa nafsu mengudap juga kan? cocok bagi nyonya cungkring seperti saya (dan inggried juga kayaknya) yang selalu perlu banyak makan. hehehe... 

14.6.13

Cake Jagung Kukus Sehat Alami

cake jagung kukus. cantik warnanya ya :)


Resep cake ini saya contek dari buku Pak Wied Harry "Cake Enak Sehat Alami". Saya gandrung dengan resep-resep pak wied. terutama cakenya. tanpa pengembang, atau pun bahan makanan sintetis. Bahan-bahannya juga simpel :)

Setelah aga 1 tahun, lebih enak bikin cemilannya, karena sudah bareng dengan cemilan bapak-ibunya. Tapi ya, tetap untuk makanan yang manis, enggak manis banget, asin enggak asin banget, dan sebisa mungkin yang enggak banyak tambahan yang macem-macem.

bubur jagung keju *edisi bayi 8m+*

ini menu saat aga mulai menginjak 8 bulan (sekarang 15m), sudah boleh mengonsumsi keju-kejuan. walau pun yang plain. tapi lumayan, untuk mengenalkan cita rasa lain ke bayi :) yang jelas, dia suka banget. sebelumnya, kalo dibikinin pure jagung, nolak. setelah dicampur keju, eh dia doyan loooo... setelah usia setahun, saya mengganti plain cheese-nya dengan keju cheddar. 


sebagai tambahan informasi, dari filing informasi yang saya kumpulkan dari sana sini, walaupun keju boleh diberikan mulai 8m+, tapi sebenarnya TIDAK HARUS. bisa pilih keju yang rendah kadar garam (karena pakai prinsip NO GULGAR sebelum 1 tahun). saya pakai keju (maaf sebut merek) Belcube Laughing Cow yang bungkus biru. cenderung plain, walau masih ada gurih-gurihnya. tapi, merek ini biasa digunakan untuk bayi. 

untuk intermezzo, ini wajah si aga yang udah ga sabar nunggu ibunya jepret2 makanannya, hahaha. karena emang cuma bikin semangkok. anaknya udah nunggu di kursi makannya, emaknya masih jepret2 :)))))


yuk ah, langsung bikin yaaa....

steamed green fried rice with tofu *edisi bocah 1y+*

ini bisa masuk kategori one dish meal kali, ya. saya suka ga 'ngeh' dengan istilah-istilah, hehe. yang jelas, dalam mengolah makanan buat si aga, patokannya karbo oke, sayur oke, protein oke. salah satunya makanan ini. biasanya saya sajikan menu ini saat bepergian, biar memudahkan. sekali mangap, udah masuk semuanya :D 


atau, kalo emang si aga udah keliatan bosen dengan menu yang terpisah-pisah, coba deh dikasih yang sekaligus gini. tapi, biasanya tetap saya bikinin kuah sayur untuk basah-basahnya :) oya, kalo untuk di bawah setahun, bisa juga dengan mengganti keju cheddar dengan unsalted cheese. nasinya juga bisa dibikin agak lembek yaa...kl aga sih, udah kenalan dengan makanan solid kayak nasi putih menjelang usia 12m, biar lebih gampang ngikut menu rumahan bapak ibunya :)

13.6.13

berkreasi dengan ketan kukus

ini adalah ketan kukus pertama yang saya buat sendiri. biasanya, makan ketan kalo beli, atau ibu yang bikin. ternyata eh ternyata, bikinnya super gampang ya. dan bisa dikreasi dengan menu macem2, hehe..masing-masing rumah punya tradisi yang berbeda dalam memadukan si ketan kukus ini. setujuuu??


kalau saya, kali ini, memadukannya dengan pisang goreng dan abon sapi. yang gampang-gampang aja :)

oya, kalau ibu saya, biasanya bikin ketan kukus dipadukan dengan saus durian. hmmm...seddaaappp..atau dengan kelapa kukus yang diberi garam. kapan2 bikin deh :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...