13.6.13

berkreasi dengan ketan kukus

ini adalah ketan kukus pertama yang saya buat sendiri. biasanya, makan ketan kalo beli, atau ibu yang bikin. ternyata eh ternyata, bikinnya super gampang ya. dan bisa dikreasi dengan menu macem2, hehe..masing-masing rumah punya tradisi yang berbeda dalam memadukan si ketan kukus ini. setujuuu??


kalau saya, kali ini, memadukannya dengan pisang goreng dan abon sapi. yang gampang-gampang aja :)

oya, kalau ibu saya, biasanya bikin ketan kukus dipadukan dengan saus durian. hmmm...seddaaappp..atau dengan kelapa kukus yang diberi garam. kapan2 bikin deh :)

BAHAN:
500 gram beras ketan, rendam dalam air selama satu jam
750ml santan kelapa, campur dengan sedikit garam
daun pandan, secukupnya

rendam beras ketan dengan air secukupnya selama lebih kurang satu jam
setelah satu jam, tiriskan

CARA:

1. kukus beras ketan, sampai setengah matang (kira-kira 30 menit). jangan lupa masukkan dua lembar daun pandan. oya, saya juga memasukkan daun pandan ke dalam air kukusan. biar lebih semerbak mewangi :D


2. setelah setengah matang, wadahi ketan dalam mangkuk. masukkan santan kelapa yang telah diberi garam, aduk rata. kemudian kukus lagi hingga matang.


3. jadi dehhhh....gampang yakkkk, hihi...




4 comments:

  1. huaaa... aku jg suka tuh dmakan sm saus duren... enaaak bgt... headernya kuereen dehh...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak ayuuuu...momylicious makin kerennn...fotonya makin ciamik, resepnya jg, mau recoookk :D

      Delete
    2. aku jd terharu......


      lama banget gak mampir di Dapurmasak, riweuh banget...:(

      Delete
    3. pokoke, ada banyak banget yang udah dicatet resepnya mbak ayu, izin share di mari yak, kl udah direcook :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...