28.7.13

gorengan sayuran



#spoiler alert: ini masakan orang malas. kenapa saya jadi malas tak perlu dicurhatkan di sini lah ya. yang jelas biar malas toh saya tetap masak. bukan semata tuntutan profesi, tapi karena entah kenapa makanan-makanan yang dijual di warteg, di kaki lima, bahkan di resto, pokoknya yang luar sana kok mendadak jadi tak sedap lagi. padahal kan mereka (umumnya) sudah pakai penyedap rasa?

saya langsung curiga sama dua menteri: gita wirjawan dan suswono. saya (sepertinya juga ibu-ibu seantero nusantara) pastinya kesal dengan dua menteri itu. bayangkan, berapa banyak jenis komoditas yang harganya melonjak tak terkendali juga langka di pasaran. jengkol -kegemaran inggried- yang tidak perlu impor saja harganya sudah setara dengan daging! hal yang sama juga terjadi pada cabe rawit!

aduh duh duh, kok saya jadi orasi begini? hahaha...


 

tapi serius ya, coba kita tengok segala rupa harga bumbu dan sayuran, apalagi sembako. semuanya naik. jadi, ada korelasinya dong mengapa kualitas kuliner jalanan dan warungan jadi menurun. yang paling terasa kasat lidah, ketika beberapa saat lalu saya beli sop kambing langganan. harganya sih masih harga sop kambing, tapi tanpa aroma bawang putih yang optimal, dan dengan sambal yang kentara dibuat dari cabe busuk tidak segar. mendingan saya masak sendiri deh.

maka begitulah, di hari yang malas itu saya memasak gorengan brokoli dan kembang kol. saking malasnya, saya tak meracik tepung bumbu sendiri seperti biasanya. saya jadi membeli tepung bumbu yang jelas mengandung MSG itu, huhuhuhu...

biar kata usaha saya miniiiiiim sekali, tapi saya tak langsung pakai tepung bumbu itu. melainkan mencampurnya terlebih dahulu dengan tepung terigu, sagu, dan lada bubuk. takarannya? seperti biasa saja, takaran kira-kira. kalau tak keberatan, ya boleh diicip dulu itu rasa tepungnya, hehehe...


cara membuatnya gampang saja, rebus air sampai mendidih, lalu masukkkan kembang kol dan brokoli. jangan lama-lama ya, kira-kira tak sampai 3 menit langsung angkat dan tiriskan.

selanjutnya, siapkan telur yang dikocok. celupkan sayurannya.


setelah itu celupkan ke dalam racikan tepung. goreng dengan minyak panas tapi api kompornya kecil saja ya.


selesai, santap! dibuat lauk, dijadikan cemilan, semuanya oke. cocol saos, cocol mayones... krenyes-krenyes yummy deh!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...