22.9.13

sushi darurat


punya anak yang mulai bersekolah itu bikin dapur saya jadi makin seru dan sarat akrobat. pagi-pagi sudah harus berjibaku menyiapkan bekal. biasanya sih sarapannya cuma buah pisang dan susu (karena terlalu pagi dia masih malas makan berat), dan bekalnya adalah roti isi nutella atau selai. pernah suatu kali saya membuat bento nasi goreng, sayangnya, sampai rumah bekalnya itu masih utuh :( agaknya, lebih seru untuk main ketimbang menghabiskan bekal. jadinya, roti adalah pilihan yang paling moderat. hal yang sama ternyata juga berlaku pada teman-temannya.

tapi kali ini ceritanya nafsu makan si sulung cak mad sedang naik drastis. gurunya bercerita, saat jam makan, anak saya itu sempat memminta nasi dengan lauk pepes, menu bekal sang guru. setelah nebeng makan bekal gurunya, roti yang dia bawa pun tak bersisa disantapnya. luar biasa bagi saya.

langsung saja saya manfaatkan momentum 'pekan nafsu makan' tersebut dengan ngotot membekalinya dengan makanan berat. kami pun menyiapkan sushi darurat! karena tak banyak waktu sebelum berangkat sekolah, sushi-sushian ini dibuat oleh saya dan suami. saya menyiapkan bahan-bahannya, dan suami saya yang meracik sushi.


sushi dan sashimi adalah makanan kegemaran cak mad yang sungguh kontras dengan lidah emaknya yang ndeso. supaya nggak bangkrut, maka saya mensiasati kegemaran makan si bocah dengan membuatnya di rumah. tentu saja komposisinya disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur.

di lain waktu, saya pernah membuat isiannya dengan udang (yang telah digoreng). tapi pagi itu, isian sushi adalah sayuran (wortel dan buncis dikukus), ayam ungkep, dan telur. rasanya memang tidak senendang kalau mengisinya dengan ikan atau udang. tapi sekali lagi, ini adalah sushi darurat.


kenapa harus dibentuk sushi? karena selain cak mad suka sushi, porsinya pun pas sekali lahap. jadi sushi ini semacam makanan anti tumpah dan anti cemot, karena langsung 'hap' lalu kunyah, lalu telan. hehehe...


beginilah tampilan akhirnya. wah, sudah hampir terlambat nih jadinya asal jepret saja...


ini dia wajah si perjaka ganteng yang mau berangkat sekolah.tas ranselnya jadi lebih berat nih, selain sebotol air putih dan sekotak susu UHT, ada dua kotak makanan yang dia bawa. satu kotak roti isi selai stroberi dan kotak lain berisi sushi.
tu wa ga pat, 
ayo berangkat, 
makan sushi darurat :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...