27.1.13

nasi goreng kincung

kincung. pernah denger enggak? penampakannya kayak foto di bawah ini. kalo di medan, biasa menyebutnya "kincung". kalo lebih umumnya sih biasanya dikenal dengan "combrang" :)


ceritanya, saat pulang ke medan untuk menjenguk eyang yang lagi sakit, pertengahan januari kemaren, saya menyempatkan diri belanja ke pasar dan membeli bumbu, sayur, dan perencah yang jarang ditemukan di jakarta. salah satunya kincung ini. saya selalu suka dengan aromanya. kalo di medan, kincung biasanya dimasak dengan daun singkong, nama masakannya "daun ubi tumbuk". atau, suka jadi campuran juga di masakan "arsik".

kali ini, saya mengadopsi masakan Malaysia, yang biasanya mencampur kincung di nasi goreng. saya pernah merasakannya saat mengunjungi saudara di Kuala Lumpur. Bude di sana memasak nasi goreng dengan perencah kincung (saya lupa, di sana mereka menyebutnya apa) dan kacang panjang. kalau ala saya bagaimana? ini diaaa...

baby oat cookies - tanpa mixer tanpa oven


senengnya ga terkira. akhirnya keinginan bikinin cookies buat aga kesampaian juga. maklum, sejak pindah ke apartemen mini yang menyejukkan hati (:D), segala peralatan dapur yang bakal makan tempat untuk penyimpanannya (termasuk oven tangkring dan mixer), saya ungsikan. ga punya mixer, ga punya oven, bukan halangan. pake jeng happy, semuanya jadi. ahay! *bukan promosi* kayak piqa juga, yang berhasil bikin cake tanpa mixer dan oven. toss!
adonan yang siap dipanggang dengan jeng happy dan hasil jadinya :)
sejak 8 bulan, aga udah bisa ngemil2 cookies. pengen bikin sendiri, udah keinginan lama banget. tapi ga jadi2 kelakon karena masih ga yakin bisa manggang pake jeng happy. sekali pernah beli cookies homemade non gula garam untuk aga. hmm, harganya lumayan ya. setelah habis, ga terpikir untuk beli lagi. HARUS BIKIN SENDIRI! :D *emak2 ga mau rugi, haha* selain biar puas juga ya, ngasih cemilan bikin sendiri buat anak :)

akhirnya, jadilah si oat cookies ini. resepnya disharing salah satu mama di bbm grup mamaperah :) tapi lupa, siapa ya...hehe...thanks mom! ini dia petualangan saya, membuat si cookies. cuma butuh waktu setengah jam saja!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...