3.4.14

Hokben Palsu


Melihat susunan menu di atas, pasti langsung teringat dengan paket makanan siap saji Hokben. Tidak salah juga, karena chicken egg roll  memang seolah sudah menjadi semacam trademark-nya Hokben, terutama yang mengincar paket ekonomis.

Saya tertarik menjajal resep chicken egg roll ala Hokben ini tentu saja demi stok makanan si bocah kala kepepet suatu hari tak sempat memasak. Seperti halnya membuat nugget, chicken egg roll ini agak ribet membuatnya, namun praktis saat menyiapkannya.

Prosesi memasaknya dimulai dengan menyiapkan kulit chicken egg roll. Simpel saja membuat kulit ini, persis seperti membuat dadar, hanya komposisinya saja yang agak beda. Misalnya, penggunaan lebih banyak kuning telur bisa menggantikan tepung custard yang membuat kulit chicken egg roll ini berwarna kuning cerah.


Berikut adalah resep lengkap chicken egg roll ala Hokben yang saya kutip dari sini dengan sedikit modifikasi dan penyesuaian isi kulkas:

Bahan isi:
- 500 gram daging ayam giling
- 1 sdt kecap asin
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 2 sdm minyak sayur
- 2 putih telur ayam
- 1 sdm minyak wijen
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1 sdm bawang putih cincang ditumis
- 1 sdm tepung maizena 

Bahan kulit: 
- 3 butir telur + 2 kuning telur sisa bahan isi
- 80 gram terigu
- 20 gram tepung maizena 
- 150 cc air 
- 1/2 sdt garam 
- 1 sdm margarin cair



Cara membuat:
- Satukan seluruh bahan isi, aduk sampai tercampur rata
- Buat kulit dengan mengocok telur, tambahkan garam, terigu, maizena, dan margarin cair. Aduk hingga tercampur rata lalu saring. Selanjutnya, buat dadar tipis-tipis dengan wajan anti lengket.
- Isi separuh bagian kulit dadar dengan adonan isi, gulung hingga mirip lumpia. Rekatkan dengan campuran terigu dan air
- Kukus sekitar 30 menit. Angkat dan tunggu dingin.


Kalau mau penyajian chicken egg roll ini mirip ala Hokben, potong serong sebelum digoreng. Lengkapi dengan acar wortel dan kol. Bikin acarnya pun gampang banget, tinggal iris halus wortel dan kol, beri perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit gula. Kalau mau dilengkapi dengan saus juga oke, bisa saus cabe atau mayones.

Di gambar ini adalah saus campur-campur ala saya. Dibuat dari tumisan bawang bombay, bawang putih, yang ditambahi kecap asin, saus tiram, minyak wijen, sedikit garam dan gula. Chicken egg roll ini cukup moderat rasanya untuk dicampurkan berbagai tipe saus.

Saya menyarankan untuk membuat menu ini dalam porsi cukup besar untuk menebus keribetan membuatnya.  Jangan lupa, simpan chicken egg roll dalam freezer untuk cadangan makanan saat dilanda rasa malas memasak.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...