15.4.14

Tiramisu Gampang Banget!


Serepot-repotnya saya sama dua anak perjaka yang lincah-lincah itu (yang membuat saya sering jadi pemasak pemalas) adakalanya meledak pula hasrat ingin membuat kue-kue centil lagi. Padahal risikonya, tentu saja dapur mungil saya akan berubah heboh bukan main, berantakan bukan main. Semuanya karena serba disambi si bocah yang minta ini itu atau sekadar bertanya ini itu.

Kue centil kali ini sebenarnya tak termasuk golongan kue, melainkan hidangan penutup alias dessert. Saya membuat tiramisu yang ternyata gampang banget. Apalagi salah satu bahannya, yaitu sponge cake-nya tidak bikin sendiri. Maka yang saya lakukan untuk menyiapkan dessert ini hanyalah mengocok krim, dan menyusun lapisan demi lapisan saja. 

Eh, tapi ternyata proses itu tak sekadar 'hanya' bagi seorang amatir seperti saya :D

 

Sejumlah resep menyebutkan telur sebagai bahan tiramisu. Tapi karena membuat tiramisu tak perlu adegan memanggang lagi, saya jadi agak geli saja membayangkan makan telur mentah, hehehe. Akhirnya saya putuskan resep yang memakai telur diskip. Selanjutnya, bahan-bahan untuk tiramisu yang gampang ini saya kutip dari sini, namun beberapa mereknya tak persis sama:

- sponge cake (saya pakai cake yang mirip lapis surabaya)
- 250 ml whipping/heavy cream
- 200 gram cream cheese
- 1 sdt ekstrak vanila
- 100 gram gula halus
- 2 sdt kopi bubuk, seduh dengan air panas (karena saya lagi malas, jadi saya gunakan minuman kopi instan)
- bubuk coklat


Cara membuatnya:

1. Kocok whipping/heavy cream hingga mulai mengental

2. Masukkan cream cheese, ekstrak vanila, dan gula halus, kocok sebentar hingga mengembang dan berjejak. Oiya, boleh juga menambahkan sedikit air lemon pada krim ini untuk mendapatkan aroma segar.


3. Potong-potong sponge cake dengan ukuran sesuai selera. Demi membuat semacam tiramisu cup, maka sponge cake saya cetak sesuai bentuk cup. Sayangnya, ketebalan cake saya terlalu minimal dan ini tak baik untuk penampilan layernya nanti :( Jadi sebaiknya, jangan pernah memotong cake dengan ketebalan kurang dari 1 cm ya.

4. Olesi seluruh cake dengan air kopi dengan memakai kuas. Susun cake di dasar cup, masukkan sesendok adonan krim, ratakan, lalu taburi coklat bubuk menggunakan ayakan agar merata. Selanjutnya susun lagi cake, krim, dan taburi coklat lagi. Kalau suka layernya banyak, lapisan bisa ditambah lagi hingga memenuhi permukaan cup. Simpan di kulkas hingga mendingin.

Oiya, satu lagi kesalahan saya adalah menggunakan cup yang diameternya kecil (tak sampai 5 cm). Akibatnya, saya jadi susah membuat layer tiramisu yang rapi. Demi menaruh adonan krim misalnya, saya mesti menggunakan plastik segitiga.


Nah gimana? Sudah maklum ya dengan penampakan lapisan tiramisu yang acak-acakan ini. Tentu saja pemasak amatiran tak akan kapok untuk mengulang. Dan akhirul kata, tak ada yang lebih menyejukkan kalbu dan melegitkan lidah selain berkata: tampang boleh biasa saja, tapi yang penting kan rasanya :)

1 comment:

  1. Wuih enak sekali kelihatannya nih. Makasih udah berbagi.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...