6.6.14

Yang Sederhana, Yang Menggugah Selera



Ini adalah cerita tentang menu yang simpel. Tidak macam polah prosesnya, tapi relatif banyak penggemarnya. Sudah semacam takdir bahwa ayam goreng selalu mudah diterima lidah. Apalagi jika bumbunya moderat, tak berat namun hasil akhirnya mendekati lezat.

Begitu pula dengan ayam goreng yang satu ini. Bagi saya, ayam yang digoreng dengan wujud apapun (dengan tepung, tanpa tepung, dengan kremes, dengan bumbu ungkep, dengan bumbu bacem, dan segala versi lainnya) adalah ayam goreng. Namun kebanyakan orang punya nama lain. Ayam goreng yang saya sajikan dengan kelengkapan karbo, sayur, dan saus jamur ini lazim disebut sebagai steak ayam.


Sekilas, steak ayam ini terdengar sangat Barat. Cara membuatnya memang tak rumit, bumbunya pun bumbu orang malas alias tanpa ngulek. Begini cara membuatnya:


Steak ayam
Siapkan 500 gram dada ayam tanpa tulang. Potong fillet tipis, marinasi kurang lebih 30 menit dengan air jeruk nipis, lada bubuk, bawang putih bubuk, dan garam. Selanjutnya, celupkan dalam telur, lalu baluri dengan tepung terigu yang dicampur dengan tepung roti, lada bubuk, dan bawang putih bubuk.

Saus jamur champignon
Saus jamur saya ini sebenarnya rekayasa dari sup jamur yang dibikin lebih kental. Cara membuatnya, panaskan wajan anti-lengket, beri 2 sdm margarin, lalu tumis irisan bawang putih dan bawang bombay sampai wangi. Masukkan 2 sdm tepung terigu, dan aduk-aduk segera agar tak menggumpal. Kalau suka saus yang creamy, tuang sekitar segelas susu UHT putih. Tapi dengan air kaldu saja sudah cukup gurih kok. Aduk-aduk terus, dan pastikan api kompor tak terlalu besar. Tambahkan lada bubuk, garam, kecap asin, kecap manis, saos tomat, dan saos cabe jika suka pedas.

Sayur pelengkap
Kukus baby buncis dan wortel. Sedangkan kentang bisa dikukus, digoreng, atau dibikin potato wedges.


 

Simpel kan? Hasilnya dijamin bakal melahirkan citarasa netral, disuka sejuta umat. Tentu jika ingin rasa yang lebih provokatif, kita tinggal menambahkan saus cabe dan mayones saja.

Oiya, tolong jangan memandang steak ayamnya terlalu dekat ya, nanti kelihatan sisi gosongnya, hihihi...

1 comment:

  1. hahahahah gosong pasti enakk mau coba ah dirumah weekend depan ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...