20.12.14

Mie Kangkung dari Kebun Sendiri


Dari dulu, selalu punya mimpi punya kebun sendiri, metik sayur langsung, diolah dan dinikmati. Selalu membayangkan kenikmatan dan kepuasan menikmati hasil dari kebun sendiri. Beberapa waktu lalu, akhirnya ngerasain juga. Walau kebunnya masih mini. Teramat sangat disyukuri, dikasih kesempatan mewujudkan mimpi. Nah, panen perdana dari mini kebun saya: kangkung! Alhamdulillaaaahhh...

Kangkungnya saya olah jadi Mie Kangkung :)


Ini dia, penampakan kebun mini yang masih belum keurus banget:

kebun mini di halaman belakang rumah yang belum dihuni, hehe
panen perdana: kangkung
Di kebun mini, saya menanam beberapa macam sayuran, buah, dan bumbu dapur. Sekarang-sekarang ini baru mulai disemai. Semoga beberapa bulan ke depan sudah kelihatan hasil dan "menghijau". Sementara, yang sudah mulai bertumbuh ada cabe, semangka, tomat, terong, labu, dan lain-lain. Doakan yaa, semua tumbuh subur. Amin!


Nah, sekarang berbagi resepnya. Honestly, kalo di rumah makan atau resto ada menu mie kangkung saya jarang pesen. Enggak tertarik. Tapi, gitu panen kangkung, kebayangnya kok bikin Mie Kangkung, karena kalo cuma bikin tumis kangkung kok terlalu mainstream ya, hahahaha..

Saya "nyontek" resep ini dari blognya Mbak Nina yang keren itu, dengan modifikasi menyesuaikan dengan bahan yang tersedia :)

Bahan:
1 bungkus mie telur
kangkung, secukupnya (rebus agak matang)
tauge, secukupnya (seduh dengan air mendidih sebentar)

Bumbu halus
6 siung bawang putih
2 sdm ebi

Bahan kuah:
10 butir telur puyuh rebus
15 buah bakso
1500 ml air
8 sdm kecap manis
5 sdm saus tiram
1 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
3 sdm maizena (atau lebih, tergantung kekentalan yang diinginkan)
minyak untuk menumis secukupnya

Bahan sambal dan pelengkap:
Sambal: 10 buah rawit merah, 2 siung bawang putih. Semua bumbu direbus, kemudian diulek, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Terakhir, tambahkan air sisa rebusan cabe dan bawang.
jeruk nipis, secukupnya (untuk pelengkap)

Cara:
1. Rebus mie, jangan terlalu matang. Tiriskan, beri sedikit minyak wijen (saya campur minyak kelapa juga). Sisihkan
2. Siapkan sayuran: kangkung dan tauge
3. Tumis bumbu halus beberapa saat, tambahkan kecap manis, saus tiram, merica, garam, gula pasir. Aduk, tambahkan air. Kemudian, masukkan maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Masak hingga mendidih, cek kekentalan yang diinginkan. Jika kurang kental, bisa tambahkan maizena. Sesaat sebelum diangkat, masukkan telur puyuh.
4. Eksekusi: tata mie rebus, kangkung, tauge, dan bakso. Siram dengan kuah dan telur puyuh. Disajikan bersama sambal dan jeruk nipis :)


Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...