21.1.15

Cake (Tepung) Ubi Ungu Sehat Alami


Cake enak sehat alami ala Pak Wied Harry selalu jadi inspirasi. Dua tahun lalu, ketika si Aga ulang tahun pertama, saya bikin sendiri cake-nya dengan resep cake sehat alami. Bahannya simpel, dan yang pasti lebih sehat karena tanpa tambahan pengembang bahan makanan sintetis.

Nah, cerita kali ini, soal cake sehat alami yang gluten free juga, karena menggunakan tepung ubi ungu. Saya mendapatkan tepung ini di Pasar Organik Jogja beberapa waktu lalu. Karena saya lemah baking, jadi enggak berani modifikasi resep, langsung saja menggantikan tepung terigu dengan tepung ubi ungu dengan takaran yang sama. Hasilnya? Karena tepung ubi ungu itu lebih padat, jadi cakenya juga lebih padat, ga se-moist kalo pake tepung terigu. Tapi, enggak bantat kok! Tetap enak, cuma jadi agak seret, karena teksturnya yang padat.

Worth to try!


 CAKE UBI UNGU
(Resep modifikasi dari cake sehat alami Wied Harry)

Bahan:
3 butir telur ayam
70 gram gula pasir
100 gram tepung ubi ungu
50 ml minyak goreng
50 gram keju parut
kertas roti secukupnya

Cara:
1. Siapkan bahan-bahan. Tepung ubi ungu bisa diganti dengan jenis tepung lain seperti terigu, tepung ketan hitam, tepung ubi kuning. Untuk minyak goreng, saya menggunakan minyak kelapa. Sembari membuat adonan, olesi loyang dengan minyak goreng, alasi kertas roti. 

2. Kocok telur dan gula pasir dgn mikser kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku.


 3. tanda-tanda mengembang: adonan jatuh perlahan, bukan mengalir; ujung jatuhnya adonan sudut lancip, bukan setengah lingkaran; adonan membentuk jejak

4.  Masukkan tepung ubi ungu, aduk dengan spatula hingga rata. Tambahkan minyak goreng dan keju parut secara bergantian. Aduk rata
 

5. Aduk rata adonan. Panaskan oven hingga 180 derajat. Siapkan loyang.

6. Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang dalam oven selama 25 menit.


7. Setelah matang, keluarkan dari loyang dengan hati2. Potong atau cetak sesuai selera. Oya, cake ini tanpa pengembang, ketebalannya sekitar 5cm, tetapi moist dan tidak terlalu manis :) 

8. Setelah dicetak, siap disajikan dengan topping sesuai selera :) Selamat mencoba!


CATATAN (disarikan dari buku Wied Harry):
  •  Yang dimaksud bahan sintetis makanan, untuk pembuatan cake misalnya soda kue (baking soda) dan baking powder. 

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...