29.4.15

Homemade Bakso Ayam Sayur


Percaya enggak, kalau bikinin makanan bocah itu, bikin ibunya kreatif? Saya percaya. Bukan mau bilang saya kreatif ya, hahahaha... Tetapi, ketika dulu si Aga mulai MPASI, otak saya jadi berputar terus bikin kreasi lauk atau cemilan buat dia. Ya, walau pun dulu masih macul di kantor, makanan Aga semua hasil olahan ibuny. Agak riweh sih menyiapkan ini itu. Bangun lebih pagi, mempersiapkan segala printilan buat makanannya. 

Nah, salah satu yang dulu sering jadi andalan ya bakso ini. Bisa buat stok lauk, sewaktu-waktu  bikin sop tinggal cemplung. 

Pernah berbagi beberapa cerita soal sop pake bakso bikinan sendiri ini dan beberapa variasi bakso yang pernah dibikin. (link di bawah ya)

Kali ini, saya bikin Homemade Bakso Ayam Sayur. Ya, akhir pekan kemarin kondisi si Aga lagi ga fit, demam dan selera makannya menurun. Kebetulan, baru belanja ayam giling yang tadinya belum kepikiran mau dibikin apa. Mak bedunduk inget kalau sudah lama ga bikin bakso, disop pasti segar! Baksonya saya campur dua macam sayur: wortel dan bayam plus keju.

Bikinnya gampang kok :)


HOMEMADE BAKSO AYAM SAYUR
(Resep modifikasi sendiri)

BAHAN:
200 gram ayam giling
1 buah wortel, diparut
50 gram daun bayam, cincang
3 siung bawang putih, cincang
3 siung bawang merah, cincang
daun bawang secukupnya
garam secukupnya
keju parut secukupnya
2 sdm tepung sagu


CARA:
1. Siapkan semua bahan, campur jadi satu, kecuali tepung sagu.
2. Aduk jadi satu hingga rata, tambahkan dua sendok makan tepung sagu.


3. Bulatkan adonan dengan ukuran sesuai selera. Masukkan ke dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Bisa juga direbus, masukkan setelah air mendidih. Tapi saya lebih senang dikukus, supaya kandungan sayurnya ga terlalu banyak hilang :D Kukus selama 15-20 menit.


4. Setelah itu, tempatkan di wadah kedap udara. Simpan di dalam kulkas, dan tinggal cemplung saat akan mengolahnya. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...