22.4.15

Kue Ulang Tahun Si Aga


It's not just about cake, it's about love :)
(28 Maret 2015)

Selamat ulang tahun ke-3, Aga! Ini kali kedua mbikinin kue ulang tahun untuk si Aga. Ibunya amatiran, jadinya cuma yang kayak difoto itu. Ya, kali kedua. Pertama kali dulu pas ulang tahun pertama si Aga. Dan yang kedua ini masih lebih baik dari segi rasa dan tampilan, walau pun ya seadanya doang, haha..

Terpenting, si bocah bahagia, ibunya gembira :) Ceritanya, sebulanan sebelum ulang tahun Aga yang ketiga, membawanya ke sebuah toko kue karena sedang mencari beberapa bahan. Ketika sampai di bagian loyang, Aga langsung ambil loyang angka 3 dan ngoceh, "Kue angka 3, ibu". Ya, dia tahu akan segera berulang tahun yang ketiga. Akhirnya, kepikiran lah buat bikin kue tart berangka 3. 

Di hari H-nya. si Aga antusias banget nungguin ibunya ngadonin bahan, menunggu saat dioven, dan ikut colak colek saat proses menghias. Sayangnya, ga terdokumentasi karena ribet sendiri :D Ulang tahunnya hanya dirayakan secara sederhana bersama eyang kakung dan utinya, bude-uwak, dan kakak-kakak sepupunya. Meski sederhana, Alhamdulillah, si Aga keliatan bahagia banget sampe makan kuenya ga pake napas, minta disuapin terus, hahaha


Base cake-nya pake yang sederhana dan udah pasti disuka si Aga: brownies coklat. Saya pakai resep Nyonya Liem.

BROWNIES KUKUS NY LIEM
(dari berbagai sumber)

Bahan I:
6 butir telur
225 gram gula pasir (saya 210 gram)
1/2 sdt vanili bubuk (optional)
1/2 sdt garam
1 sdt emulsifier (optional, saya skip)

Bahan II:
125 gram tepung terigu protein sedang
50 gram cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder (bisa diskip)

Bahan III:
- 175 ml minyak goreng
100 gram dark chocolate, lelehkan, campur dengan minyak

Bahan IV:
75 ml susu kental manis

Cara:
1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 100 gram adonan, campur dengan bahan IV, sisihkan
3. Tuangkan 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang yang telah disiapkan (olesi sedikit minyak dan dialasi kertas roti jika perlu). Kukus selama 10 menit dalam panci kukusan. Pastikan panci kukusan sudah panas dan airnya sudah mendidih saat mengukus. Kukus dengan api kecil saja agar permukaan cake tidak bergelombang
4. Tuang adonan yang telah dicampur bahan IV, kukus 5 menit dan terakhir masukkan sisa adonan, kukus kembali selama 30 menit hingga matang
5. Angkat dan dinginkan

*************

BUTTER CREAM
(Sumber: Ani Lizzarni)

Bahan:
- 250 gram mentega putih
- 125 ml susu kental manis
3 sdm air garam (campur 1 sdt air garam ke dalam 1 cangkir air. Lalu, air garam ini ditakar 3 sdm setara dengan 30 ml air garam)
- 100 gram gula pasir, rebus dengan air garam
- 1 sdm pasta vanili

Cara:
1. Masak gula dengan air garam dengan api kecil hingga larut
2. Campur dengan susu, aduk rata. Diamkan hingga dingin
3. Mikser mentega putih hingga mengembang dan ringan
4. Masukkan bahan lainnya, mikser hingga semua bahan rata
5. Siap digunakan

Setelah cake dan butter creamnya siap, tinggal dihias :) saya sengaja enggak pake warna warni biar mantep aja si aga makannya. Cuma setengah bagian saya kasih pasta mocca, buat variasi. Berikutnya, harus banyak berlatih ni, biar pas menghiasnya semakin luwes dan kreatif.

Monggo dicoba ibu-ibu, yang pengen bikin cake ulang tahun simpel buat si kecil.

Dan, ini keriaan di harinya si Aga. Alhamdulillah, sehat selalu, le! Ibu loves you :*

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...