11.6.15

Bolen-Bolen Bergegas


Jadi, sudah sekian lama saya diomel-omelin sama Inggried karena lengangnya tag 'dapurpiqa' selama beberapa bulan terakhir. Sejatinya, dapur rumah saya masih berisik seperti biasa dengan berbagai aktivitas mengolah makanan. Nah, yang sulit tak lain adalah untuk mengunggah ceritanya. Klise.

Tapi sekali lagi, yang penting adalah dapur saya masih berisik. Salah satu hasil keberisikan dari dapur saya: bolen, atau molen yang disukai masbojo ini. Bolen ini super praktis, cocok untuk siapapun yang merasa sibuk (duile) untuk membuat adonan pastry sendiri.

Harap maklum, karena saya menggunakan kulit pastry instan untuk menyingkat proses membuat camilan ini. Andaikan sempat, tentu saya ingin bisa membuatnya sendiri. Sayangnya, saya masih belum bisa melepas cap 'sok sibuk' di jidat.

Kulit pastry instan bisa dibeli di supermarket besar, maupun toko bahan kue. Biasanya ukurannya standar, dan terdiri dari satu bagian utuh yang dilipat jadi empat. Saya memakai kulit puff pastry merek Edo. Jika dibandingkan dengan merek 'Dxxxxx', Edo lebih pas teksturnya.


Kulit pastry instan ini biasanya disimpan dalam lemari pendingin dalam suhu beku. Jika mau menggunakannya, tentu harus dikeluarkan di suhu ruang. Tunggu sampai teksturnya menjadi lunak hingga bisa dipipihkan. Taburi tepung terigu agar tidak lengket di tempat menggilas,

Ada beberapa versi membuat bolen, salah satunya dengan lipatan seperti membuat amplop. Tapi untuk alasan ekonomis, saya lebih suka kulit pastry dipotong jadi bagian panjang sehingga dapat dililit membentuk keong.

Isian bolen ini, tentu saja sesuai selera. Bisa diisi pisang, coklat, keju, atau apapun yang disuka. Yang penting, dipastikan kulitnya bisa tertutup rapat setelah dililit. Ini untuk menghindari kebocoran yang juga membuat tampilan akhir si bolen jadi kurang elok. Oiya, jangan lupa menyepuh bagian luar dengan kuning telur yang dicampur dengan margarin atau mentega.


Berapa lama tepatnya bolen ini mesti berada dalam oven, tentu bergantung pada kewarasan ovennya. Karena oven saya sedang menurun akurasinya, maka waktu pemanggangan tidak bisa dipastikan. Saya perlu mengintip dari kaca, bahkan membuka tutup oven untuk memastikan status si bolen.

Semudah itu membuat bolen ya? Hasilnya pun berpeluang besar sebagai santapan antigagal. Layak dicoba oleh siapapun, apalagi yang hari-harinya penuh gegas :)


1 comment:

  1. kalo boleh tau cara buat nya gimana ea gan..?
    saya tertarik mau buat Bolen-Bolen ni...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...