28.10.15

Belajar Bikin Roti Tawar


Dari dulu penasaran pengen belajar bikin roti tawar. Dan ternyata, butuh kesabaran, keuletan, serta energi yang luar biasa ya, Saudara-saudara :D

Alhamdulillah sih, percobaan pertama enggak terlalu buruk. Lembut, walau rongga-rongganya masih kurang cihuy. Mau coba lagi, masih ngumpulin energi lagi, hahaha. Oya, bikinan saya enggak perfect mungkin karena ga disiplin waktu. Mendiamkan adonannya kelamaan, karena kepotong melakukan ini dan itu. Yuk, coba yuk!



HOMEMADE ROTI TAWAR
Sumber resep: Ricke Indriani

Bahan:
200 gram terigu protein tinggi
50 gram terigu protein sedang
3 gram ragi instant
20 gram gula pasir
10 gram susu bubuk
1 butir telur, kocok lepas
125 ml susu cair dingin atau air dingin
25 gram butter atau mentega putih
3 gram garam halus

Cara:
1. Campur bahan kering: terigu, ragi, susu bubuk, gula pasir. Aduk rata
2. Masukkan telur dan susu dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan penambahan air jika adonan sudah bisa diuleni. Uleni hingga kalis
3. Masukkan butter atau mentega putih dan garam. Uleni hingga kalis dan elastis. Pertanda adonan elastis jika ditarik hingga tipis tidak robek.
4. Pindah adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni sebentar. Bentuk bulat adonan, diamkan selama 1 jam pada wadah yang telah diolesi margarin atau minyak. Tutup dengan wrap plastic atau serbet yang lembab. Diamkan hingga mengembang 2 kali lipat
5. Kempiskan adonan, pindahkan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni lagi sebentar. Bulatkan, diamkan lagi 10 menit. Bisa juga adonan dibagi 4 bagian, bulatkan dan diamkan.
6. Giling tipis adonan, gulung sambil dirapatkan. Lakukan sekali lagi, giling tipis dan gulung. Lakukan pada semua bagian adonan. (Kalau saya, hanya dijadikan satu adonan bulat tidak dibagi2).
7. Letakkan adonan pada loyang loaf yang telah dioles margarin. Tutup dengan wrap plastic selama lebih kurang 1 jam hingga mengembang.
8. Panaskan oven, panggang dengan suhu 170-180 selama 20-25 menit. Bisa dioles susu cair sebelum dipanggang.
9. Keluarkan dari oven, iris dengan ketebalan 1 cm. Siap dinikmati dengan selai atau berbagai topping.

Kelihatannya ribet ya... Aslinya, prosesnya ga seribet yang saya bayangkan. Cuma ya itu, perlu sabar dan ulet aja :) Selamat mencoba ya!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...