2.2.16

Apple Pie

Good apple pies are a considerable part of our domestic happiness
(Jane Austin)


Bagi yang lemah baking dan agak enggak sabaran kayak saya, membuat apple pie adalah sebuah impian. Ya, impian yang entah sejak berapa tahun lalu, pengen banget diwujudkan. Hahaha. Bukan lebay, but that's true. 

Membayangkan membuat adonannya, menunggu untuk didiamkan di dalam kulkas, menempatkan adonan di loyang pie, membuat anyamannya, membuat isian apelnya, dll, rasanya kok too good to be true untuk saya lakoni. Saya merasa enggak sesabar itu untuk melakukan semua tahapan itu. 

Tapi, kalo enggak dicoba, saya enggak pernah tahu, apa memang seribet itu? Eh ternyata enggak lho! Enggak seribet yang saya bayangkan. 

Kebetulan, hari itu akhir pekan. Entah sabtu atau minggu, lupa. Biasanya ketika bangun tidur, saya langsung mikir, eksperimen apa ya hari ini? Dan tiba-tiba saya teringat sudah menyisihkan beberapa buah apel dari piknik ke Malang beberapa waktu lalu. Aha, langsung kepikiran bikin "APPLE PIE"!

Kali ini, semangat banget. Karena hari masih sangat pagi buta, duo A masih tertidur lelap. Maka, waktu saya sangat leluasa untuk ubek-ubek di dapur. 

Dan, inilah apple pie pertama saya. Alhamdulillah puas dengan hasil dan rasanya :) 



APPLE PIE
(Sumber Resep: Ricke Indriani)

Bahan Crust (kulit pie):
250 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
175 gram margarin/butter (bekukan, potong dadu) 
2 sendok makan gula bubuk
1/2 sendok teh garam
5 sendok makan air es 

Bahan apple filling:
7 buah apel, kupas, cuci bersih, potong dadu
1 sdt air jeruk lemon (saya pakai jeruk nipis, karena pas ga ada jeruk lemon :D) 
70 gram gula pasir (atau sesuai selera)
2 sdm gula merah sisir atau gula aren bubuk (saya pakai gula merah)
1/2 sdt kayu manis
1/2 sdt pala bubuk (saya enggak pakai)
Garam secukupnya
1 sdm tepung maizena
25 gram butter/margarine beku, potong dadu

Bahan olesan:
1 buah kuning telur

CARA:

*Crust*
1. Campur terigu, gula bubuk, dan garam. Aduk rata. Masukkan margarine beku, aduk dengan menggunakan pisau pastry. Saya menggunakan dua buah garpu. Campur hingga bergerindil atau berbutir-butir. 
2. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan spatula atau sendok kayu hingga kalis (tidak lengket). Pemakaian air bisa dihentikan jika adonan sudah kalis, bisa ditambahkan juga jika adonan masih kering.  
3. Bungkus adonan dengan plastik kering (saya menggunakan plastik wrap). Diamkan di dalam kulkas selama lebih kurang 1 jam

*Filling Apel*

1. Kupas apel, iris tipis atau potong dadu kecil. Campur apel dengan air jeruk, masukkan gula pasir gula aren/gula merah, bubuk kayu manis, dan garam. Aduk rata. Simpan dalam kulkas selama minimal 30 menit hingga apel mengeluarkan air (juicy)
2. Setelah 30 menit, keluarkan dari kulkas, taburi dengan maizena, aduk rata.
3. Panaskan di atas api hingga mengental dan apel lunak. Matikan api, sisihkan. 

*Eksekusi Apple Pie*
1. Ambil adonan, gilas dengan rolling pin atau botol bersih yang dilapis plastik setebal kira-kira 1/2 cm. Letakkan dan cetak pada loyang pie yang sudah dioles margarine. Sisihkan adonan untuk anyaman penutup pie
2. Isi dengan 1/2 bagian filling apel, tata margarine atau butter beku di atasnya secara menyebar. Tambahkan 1/2 bagian lagi filling apel di atasnya. 
3. Membuat anyaman penutup, gilas adonan setebal 1/2 cm, potong memanjang dengan lebar 1 cm. Anyam bertumpuk (seperti gambar). Atau bisa juga dicetak dengan cetakan cookies dan disusun di atasnya sebagai penutup.
4. Oles bagian atas penutup pie dengan kuning telur, oven selama lebih kurang 45 menit dengan temperatur 180 derajat hingga matang kecoklatan dan filling apel terlihat mendidih. 
5. Biarkan hingga dingin, baru dipotong-potong dan sajikan.


TIPS dari Mbak Ricke ini sangat membantu sekali:
1. Saat mengaduk adonan, jangan menggunakan tangan langsung karena panas dari tangan akan membuat adonan menjadi keras
2. Adonan diistirahatkan di kulkas untuk mencairkan gluten dan mendinginkan butter/margarine sehingga pie akan renyah dan tidak keras
3. Saat memanggang, letakkan loyang pie di atas loyang kue kering. Tujuannya, untuk jaga-jaga kalau ada juice apel yang keluar saat proses pemanggangan. (bagian ini saya lupa pas manggang, tapi alhamdulillah ga ada juice yang "bocor" dari loyang pie-nya, hehe)

Selamat mencoba, ya!



If you want to make an apple pie from scratch, you must first create the universe
(Carl Sagan)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...